“Anda akan Diingat Seumur Hidup”
BY : Herry Santoso (Service Excellence & Handling Complaint Specialist)

“Service adalah Menciptakan NILAI Bagi Orang Lain”
-Ron Kauffman -


Bulu kuduk saya merinding saat seorang peserta Training Service Excellence saya menceritakan pengalamannya di dalam memberikan Service. Dengan mata berkaca- kaca, beliau menceritakan pengalamannya seperti ini :
*Sebut saja beliau sebagai Bapak Ali (bukan nama yang sebenarnya)

Bapak Ali bertugas sebagai Admission ( Pendaftaran) di sebuah Rumah Sakit di Jakarta. Hampir setiap hari ia melihat seorang bapak ( pasien) yang rutin berobat di rumah sakit tempatnya bekerja, tampaknya pasien tersebut sudah tidak dapat berjalan dengan baik. Karena ber-empati dengan keadaan pasien, ia tergerak untuk mengambilkan kursi roda dan membantu pasien tersebut menuju ruang dokter di lantai 2. Hal tersebut ia lakukan secara konsisten, hingga suatu kali pasien sudah tidak terlihat lagi di rumah sakit.

Beberapa bulan berlalu, ketika Pak Ali sedang berbelanja di sebuah Mall, ada seorang wanita yang menyapanya. Bapak Ali pun membalas sapaannya seraya merasa sedikit bingung karena ia tidak mengenal wanita tersebut. Tidak lama kemudian, sang wanita memperkenalkan siapa dirinya, dan terjadi percakapan :

Bu Ani : “ Pak Ali, saya Ani ( bukan nama sebenarnya), saya anak dari pasien yang bernama Pak Sarjono ( bukan nama sebenarnya). Bapak nitip pesan kepada saya untuk menyampaikan terima kasihnya kepada Pak Ali jika saya bertemu Pak Ali.”

Pak Ali :” Oh baik bu Ani, senang bertemu ibu. Sama- sama bu, saya melakukannya dengan senang hati koq. Bagaimana kabar Bapak ?

Bu Ani : Itulah pak, baru 2 minggu yang lalu Bapak telah tiada. Di hari- hari terakhir beliau, bapak sering menyebut kebaikan Pak Ali. Bapak ingin sekali bertemu dengan Pak Ali, mengucapkan terima kasih, dan membalas kebaikan Pak Ali. Namun belum sempat bertemu Pak Ali, Bapak telah berpulang. Bahkan sehari sebelum Bapak berpulang, beliau- pun juga sempat menanyakan mengenai Pak Ali.

Wouw ! Betapa bahagia sekaligus terharunya Pak Ali mendengar hal tersebut, namanya bahkan diingat SEUMUR HIDUP oleh pasien. Saya-pun juga demikian. Seperti yang telah dikatakan oleh Ron Kauffman ( Seorang Konsultan Service Excellence kelas dunia) bahwa SERVICE itu merupakan sebuah tindakan MENCIPTAKAN NILAI bagi orang lain. Kita tentu sependapat bahwa memberikan Service Excellence di dalam pekerjaan kita bukanlah sebatas Standar Operating Procedure ( SOP) saja, namun lebih jauh dari itu, Service Excellence merupakan sebuah tindakan yang membuat PERBEDAAN positif dalam diri orang lain ( baik secara fisik maupun psikologis).

Hal- hal Positif yang dapat kita peroleh dari kisah nyata di atas mengenai Service Excellence adalah :
1. Service Excellence merupakan sebuah Sikap ( Attitude), bukan sekedar Teknis yang digerakkan oleh SOP
2. Service Excellence muncul dari HATI yang “Melayani”
3. Melakukan Service Excellence sama halnya dengan MEMBUAT PERBEDAAN dalam hidup orang lain
4. Sadarilah bahwa Anda dan saya DICIPTAKAN oleh Tuhan untuk membuat PERBEDAAN di dalam kehidupan

Siapkah Anda membuat PERBEDAAN POSITIF dalam hidup orang lain ?
Jadikan SERVICE EXCELLENCE sebagai Gaya Hidup dan Standar Kerja kita

Untuk Konsultasi dan Training, silakan menghubungi kami di  :
PT Prosma Consulting Indonesia
Phone : 0811 959 3004
Email : prosmainstitute@gmail.com
Web site :www.prosmainstitute.com

SALAM JUARA !
Director & Master Trainer
Herry Santoso, S.Psi., CT. BNSP., CPSE., CPHRM.